Minggu, 28 Oktober 2012

tugas metode riset


ANALISIS JURNAL :
Nama                           : Rizqiya Firdausy Aesqy
NPM                           : 16210205
Kelas                           : 3EA10
Mata Kuliah                : Metode Riset

Tema                           : Kelayakan investasi perusahaan jasa
Judul                           : Analisis kelayakan investasi pada usaha “SALON DION”

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Sebagaimana kita ketahui bahwa produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun peminatnya. Oleh karena itu, produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha.
Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya, dimana produk dapat diperoleh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasi yang jelas. Maka peranan promosi berguna untuk:
v Memperkenalkan produk atau jasa serta mutunya kepada masyarakat.
v Memberitahukan legunaan dari barang atau jasa tersebut kepada masyarakat serta
cara penggunaanya.
vMemperkenalkan barang atau jasa baru
Oleh karenanya adalah menjadi keharusan bagi perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan perusahaan. Dimana harus diperhitungkan jumlah dana yang tersedia dengan besarnya manfaat yang diperoleh dari kegiatan promosi yang dijalankan perusahaan.
Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat dinamis, yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus

dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau peluan pada beberapa sasaran pasar.
Melihat pentingnya stratrgi pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan perusahaan, maka saya tertarik untuk membahas layaknya usaha Salon Dion ini membuka cabang baru, maka penulis membuat penulisan penelitian dengan mengambil judul ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PADA USAHA “SALON DION”

1.2 Perumusan dan Batasan Masalah
1. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat dirumuskan masalah            yaitu :  Apakah “Salon Dion layak untuk mendirikan cabang baru?
2. Batasan Masalah Dalam penelitian ini, penulis hanya membatasi masalah penulisannya pada metode mengenai studi kelayakan dengan menggunakan aspek-aspek studi kelayakan yaitu aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek ekonomi dan sosial, aspek manajemen, dan aspek keuangan.

1.3 Tujuan Penelitian
            Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui layaknya pengembangan usaha Salon Dion untuk mendirikan cabang baru.

1.4 Manfaat Penelitian
            Manfaat untuk penulis dan pemilik usaha yaitu dapat mengetahui dan menambah pengetahuan mengenai studi kelayakan dan dapat mengetahui layaknya usaha Salon Dion untuk membuka cabang baru di Jl. Raya Kranggan, Bekasi.

1.5 Metedologi Penelitian
1. Objek Penelitian
            Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah “Salon Dion” yang terletak di Jl. Margonda Raya.
2. Data atau Variabel
            Dalam menyusun penelitian ilmiah ini, penulis mendapatkan data dan informasi dengan menggunakan data primer maupun data sekunder.
  1. Data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari objek atau lokasi penelitian.
  2. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari laporan keuangan usaha salon tersebut.
3. Metode Pengumpulan Data
            Dalam penelitian lmiah ini, penulis mengumpulkan dan mengolah data-data yang diperoleh dengan metode :
Studi lapangan dimana penulis langsung mengadakan penelitian dan mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk mengolah data tersebut dengan wawancara atau observasi.


BAB II
LANDASAN TEORI
2.1  Kerangka Teori
1. Pengertian Studi Kelayakan Bisnis
Menurut Husain Umar (2001;17)
     “Study Kelayakan Bisnis merupakan penelitian terhadap rencana bisnis yang tidak hanya menganalisis layak atau tidak layak bisnis yang biasanya merupakan proyek investasi itu dilaksanakan”.
     Maksud layak atau tidak layak disini adalah perkiraan bahwa proyek akan dapat atau tidak dapat menghasilkan keuntungan layak, bila telah dioperasionalkan.

Menurut Suad Husnan dan Suwarsono (2000;4)
     “Studi Kelayakan Proyek adalah penelitian tentang dapat tidaknya suatu proyek atau usaha dilaksanakan dengan berhasil. Pengertian keberhasilan ini mungkin bisa ditafsirkan agak berbeda-beda.
     Ada yang menafsirkan dalam artian yang terbatas, terutama dipergunakan oleh pihak swasta yang lebih berminat tentang manfaat ekonomis suatu investasi. Sedangkan dari pihak pemerintah atau lembaga non profit. Pengertian menguntungkan bisa dalam arti yang lebih relative. Mungkin dipertimbangkan berbagai faktor seperti manfaat bagi masyarakat luas bisa berwujud penyerapan tenaga kerja, pemanfaatan sumber daya yang melimpah ditempat tersebut dan sebagainya.

1.   Tujuan Studi Kelayakan Bisnis
Tujuan studi kelayakan adalah sebagai berikut :
a.       Untuk menghindari keterlanjutan penanaman modal yang terlalu besar untuk kegiatan yang ternyata tidak menguntungkan .
b.      Untuk menghindari resiko kegagalan suatu proyek yang menyangkut investasi dalam jumlah besar.

2.   Manfaat Studi Kelayakan Bisnis
pihak-pihak yang membutuhkan laporan studi kelayakan bisnis itu dapat dijelaskan dibawah ini :
a.       Pihak Investor jika hasil studi kelayakan yang telah dibuat ternyata layak direalisasikan, pemenuhan kebutuhan akan pendanaan dapat mulai dicari.
b.      Pihak Kreditor Pendanaan proyek dapat juga dipinjam dari bank.
c.       Pihak Manajemen Perusahaan Studi kelayakan bisnis dapat dibuat oleh pihak eksternal perusahaan maupun pihak internal perusahaan.
d.      Pihak pemerintah dan masyarakat studi kelayakan bisnis yang disusun perlu memperhatikan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah

3.   Tahapan Studi Kelayakan Bisnis
Tahapan studi kelayakan bisnis adalah :
a.       Penemuan ide produk yang akan dibuat haruslah berpotensi untuk laku dijual dan menguntungkan.
b.      Peneltian setelah ide proyek dipilih, selanjutnya dilakukan penelitian yang lebih mendalam dengan memakai metoe ilmiah.
c.       Rencana pelaksanaan setelah rencana bisnis dipilih untuk direalisasikan, perlu dibuat rencana kerja pelaksanaan pembangunan proyek.

4.   Investasi
Pada dasarnya kriteria penialaian investasi dapat digolongkan menjadi dua golongan sebagai berikut :
a.       Kriteria investasi yang didasarkan pada konsep keuntungan income
b.      Kriteria investasi yang didasarkan pada konsep cash flows

5.   Capital Budgeting
Capital budgeting adalah keseluruhan proses perencanaan dan pengambilan keputusan mengenai pengeluaran dana dimana jangka waktu kembalinya dana tersebut melebihi waktu satu tahun. Batas jangka waktu satu tahun tersebut tidaklah mutlak termasuk dalam golongan pengeluaran dana untuk pembelian aktiva tetap, yaitu tanah, bangunan-bangunan, mesin-mesin, dan peralatan-peralatan lainnya.
6.   Cash Flow
“Ada beberapa cara penilaian usul investasi berdasarkan pada aliran kas (cash flow) dan bukan pada keuntungan yang dilaporkan dalam buku. Itu disebabkan karena untuk dapat menghasilkan keuntungan tambahan, kita harus mempunyai kas untuk ditanamkan kembali. Kita mengetahui bahwa keuntungan yang dilaporkan dalam buku belum pasti dalam bentuk kas, sehingga dengan demikian jumlah kas yang ada dalam perusahaan belum tentu sama dengan jumlah keuntungan yang dilaporkan dalam buku”.

2.2 Alat Analisis
Ada beberapa macam metode penilaian investasi dalam aktiva tetap, namun penulis hanya akan membahas 4 metode penilaian usulan investasi yang berdasarkan pada aliran kas yaitu sebagai berikut :
a.      Metode Payback period (periode pengembalian)
Menurut Husain Umar payback period adalah suatu periode yang diperlukan untuk dapat menutup kembali pengeluaran investas dengan menggunakan proceeds atau juga bisa diartikan jumlah tahun yang dibutuhkan untuk menutupi pengeluaran awal.
b.      Metode Net Present Value (nilai bersih sekarang)
Menurut Syarifudin Alwi Net Present Value merupakan model yang memperhitungkan pola cash flow keseluruhan dari suatu investasi, dalam kaitannya dengan waktu berdasarkan discount rate tertentu.
c.       Profitability Index (indeks keuntungan)
Definisi dari Profitabiliti Index adalah rasio nilai sekarang dari arus kas bersih pada masa depan terhadap pengeluaran awalnya. Kriteria nilai bersih sekarang investasi memberika ukuran kelayakan usaha dalam nilai uang yang absolut, maka indeks keuntungan memberikan ukuran relatif dari keuntungan bersih masa depannya terhadap biaya awal.
d.      Metode Internal Rate of Return (tingkat pengembalian internal)
Metode ini dapat didefinisikan sebagai tingkat bunga yang akan menjadikan jumlah nilai sekarang dari proceed yang diharapkan aka diterima sama denga jumlah nilai sekarang dari pengeluaran modal.



BAB III
PEMBAHASAN


3.1 Data dan Profil onjek penelitian
            Dion Salon ini didrikan sekitar tahun 2009 oleh Bapak Dion, yaitu tepatnya pada tanggan 16 Mei 2009 yang berlokasi di Jl. Raya Mergonda, yag kemudian pemilik ingin mendirikan cabang baru yang berlokasi di Jl. Raya Kranggan, Bekasi. Pada mulanya Bapak Dion adalah seorang karyawan di salah satu Salon yang berada di daerah Depok. Akan tetapi dikarenakan suatu hal Bapak Dion keluar dari Salon tersebut. Untuk memenuhi kehidupan sehari-hari Bapak Dion mencoba membangun usaha dengan modal yang seadanya, maka beliau mendirikan usaha salon ini.
            Modal awal Bapak Dion dalam pendirian cabang baru adalah Rp 25.000.000,00. Digambarkan bahwa usaha salon ini berlokasi didaerah yang strategis karena terletak dipinggiran jalan raya. Pasar sasarannya dikhususkan untuk wanita seperti anak-anak, remaja, hingga dewasa. Berdasarka gambaran umum usaha tersebut dapat berkembang baik dalam pelaksanaan kegiatannya untuk masa-masa mendatang.

3.2 Hasil Penelitian dan Analisis/Pembahasan
1. Aspek-aspek Studi Kelayakan
            Didalam melakukan studi kelayakan banyak hal yang harus diperhatikan guna memaksimalkan kegiatan yang dilakukan, hal ini dimaksudkan agar resiko-resiko dapat diperkirakan dan dihindari. Maka perlu dilakukan berbagai macam peneltian :

a.      Aspek Pasar dan Pemasaran
            Untuk menyesuaikan data, tujuan, dan visi usaha salon ini, maka perlu diperhatikan beberapa hal yang menunjang untuk berdirinya dan berjalannya usaha ini.
·         Pasar Potensial
·         Harga
·         Pesaing
·         Promosi
b.      Aspek Teknis dan Teknologi
·         Proses Produksi
Dalam menjalankan usaha salon ini, pemilik dan karyawan menggunakan peralatan yang telah tersedia.
·         Lokasi Usaha “Salon Dion”
Dalam membuka usaha Salon Dion ini, pemilik memilih lokas berada di Kranggan Raya, Bekasi. Lokasi dipilih karena belum ada usaha sejenis yang berdiri.
·         Pembuangan Limbah
Pihak usaha salon ini juga perlu memperhatikan bagaimana pembuangan limbah dari proses produksinya. Pemilik sudah menyiapkan tempat sampah untuk membuang rambut konsumen yang telah dipotong dan juga para karyawan bergiliran membersihkan lantai agar terjaga kebersihannya.

c.       Aspek Ekonomi dan Sosial
            Dengan berdirinya usaha salon ini dapat membantu perekonomian Bapak Dion sekeluarga. Usaha salon ini juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang ingin bekerja.

d.      Aspek Manajemen
            Usaha salon ini dipimpin langsung oleh Bapak Dion. Pemiliknya lagsung menangani semua kbutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam pembukaan cabang baru. Tanggung jawab terbesar kelancaran usaha terletak pada tangan manajemen dalam membuat kebijakan dan menentukan keputusan. Serta pemilik juga terus berusaha melakukan suatu tindakan untuk meningkatkan usahanya.

e.       Aspek Keuangan
            Aspek keuangan merupaka aspek yang sangat menentukan dalam berjalannya suatu keiatan usaha, karena berjalan atau tidaknya suatu usaha sangat tergantung pada ketersediaan dana, biaya modal serta kemampuan proyek untuk membayar kembali dana tersebut. Dalam meninjau aspek keuangan ada banyak hal yang harus diperhatikan. Ini dimaksudkan untuk mendapatkan dana yang akurat yang dapat digunakan untuk menganalisa perluasan usaha yang dilakukan.

3.3 Rangkuman Hasil Penelitian
            Dengan data yang diperoleh diatas, penulis mengolahnya dengan menggunakan beberapa metode-metode perhitungan.
Keterangan : Data yang telah diolah.
Dalam penelitian ini, metode yang dipergunakan sebagai berikut :
a.       NPV adalah sebuah proposal investasi sama dengan nilai bersih sekarang arus kas tahunan setelah pajak dikurangi denga pengeluaran awal investasi.
b.      PI adalah rasio nilai sekarang atau arus kas bersih pada masa depan terhadap pengeluaran awalnya.
c.       PP adalah suatu periode yang diperlukan untuk dapat menutup kembali pengeluaran investasi dengan menggunakan proceed atau aliran kas netto.
d.      IRR adalah sebagai tingkat bunga yang akan menjadikan jumlah nilai sekarang dari proceed yang diharapkan akan diterima sama dengan jumlah nilai sekarang dari pengeluaran modal.

Jadi hasil keseluruhannya positif dan layak sehinggan salon “Salon Dion” dapat mendirikan cabang barunya.



BAB IV
PENUTUP


4.1 Kesimpulan
              Dengan melihat dari pembahasan diatas makan dapat disimpulkan bahwa investasi pada salon “Salon Dion” ini dapat diterima dengan melihat dari aspek-aspek studi kelayakan yaitu (1) Aspek Pasar dan Pemasaran yang didalamnya membahas tentang pasar potensial, harga, pesaing, dan promosi. (2) Aspek Teknis dan Teknologi yang didalamnya membahas proses produksi, lokasi usaha Salon Dion, dan pembuangan limbah. (3) Aspek Ekonomi dan Sosial. (4) Aspek Manajemen. (5) Aspek keuangan yang di dalamnya memperhitungkan net present value (NPV), indeks keuntungan (PI), dan internal rate of return (IRR) sehingga pendirian cabang baru Salon Dion di Jl. Raya Kranggan ini layak didirikan.

4.2 Saran
              Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dengan menggunakan metode NPV, PP, IRR, PI maka penulis menyarankan agar pembukaan cabang baru dari salon tersebut layak untuk dilanjutkan, untuk memperhatikan aspek-aspek yang dibahas di bab 3, dan diharapkan pula kepada pemilik untuk meningkatkan pendapatannya dengan cara lebih mengefisienkan biaya-biaya.

Minggu, 21 Oktober 2012

ANALISIS JURNAL METODE RISET


JURNAL 1

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MASTER’s BANDREK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MINUMAN BANDREK
NPM:10203560
Nama:INSAN ARGA PRAYUDHA
Pembimbing: Rofi’ah, SE. MM
Abstraksi:Insan Arga Prayudha/10203560

 “STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MASTER’s BANDREK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MINUMAN BANDREK”. Penulisan Ilmiah, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2012. Kata kunci: Strategi pemasaran dan tingkat penjualan Master’s Bandrek. (ix + 38 halaman) Dalam menjual produk minuman bandrek, Master’s Bandrek menerapkan strategi-strategi pemasaran yang digunakan sebagai berikut yaitu strategi penetapan harga, strategi promosi dan strategi SWOT. Selain dapat mengetahui strategi pemasaran yang dipakai, penulis juga dapat mengetahui tingkat penjualan produk minuman bandrek yang diperoleh Master’s Bandrek mulai bulan Januari sampai dengan bulan Juni tahun 2012. Mulai bulan Januari sampai April selalu terjadi peningkatan penjualan, walaupun sempat mengalami penurunan dibulan Mei karena munculnya masalah intermal. Tetapi Master’s Bandrek mampu mengatasinya dengan naiknya kembali tingkat penjualan usaha tersebut dibulan Juni. Daftar Pustaka (2001 s/d 2009) Tanggal Sidang: 2012-08-13Tanggal Penyerahan: 2012-09-03 18:44:4





JURNAL 2
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT. METRODATA ELECTRONICS, TBK DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK TEKNOLOGI INFORMASI
NPM:10207190
Nama:BAGUS HANDOKO
Nomor Induk: FILKOM/KA/SSM/02153/2012
Pembimbing: Dr.Ir.Riskayanto , MM
Abstraksi: ABSTRAKSI Bagus Handoko/ 10207190
“STRATEGI PEMASARAN PT. METRODATA ELECTRONICS, TBK DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK TEKNOLOGI INFORMASI”. Penulisan Ilmiah, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2012. Kata kunci: Strategi pemasaran dan tingkat penjualan PT. Metrodata Electronics. (ix + 37 halaman) Dalam memasarkan produk teknologi informasi, PT. Metrodata Electronics menerapkan strategi-strategi pemasaran yang digunakan sebagai berikut yaitu strategi penetapan harga, strategi saluran distribusi, strategi promosi dan strategi SWOT. Selain dapat mengetahui strategi pemasaran yang dipakai, penulis juga dapat mengetahui tingkat penjualan produk teknologi informasi yang diperoleh PT. Metrodata Electronics mulai tahun 2006 sampai dengan tahun 2010. Mulai tahun 2006 sampai dengan tahun 2008 selalu terjadi peningkatan penjualan, walaupun sempat mengalami penurunan ditahun 2009 karena munculnya perusahaan pesaing yang sangat pesat. Tetapi PT. Metrodata Electronics mampu mengatasinya dengan naiknya kembali tingkat penjualan perusahaan tersebut ditahun 2010.




JURNAL 3
STRATEGI PEMASARAN KOPERASI SERBA USAHA TUNAS JAYA DALAM PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN SEMINAR PENULISAN ILMIAH
NPM:11206177
Nama:PUTRI WULANDARI
Nomor Panggil: 658.802 Wul s
Pembimbing: Sugiharti Binastuti, SE,MM
Abstraksi
Kualitas pelayanan diperkirakan berpengaruh terhadap jumlah pelanggan dan oleh sebab itu, dilakukan penelitian terhadap Koperasi Serba Usaha Tunas Jaya dengan menganalisis data dengan 50 set kuisioner. Kualitas pelayanan diukur berdasarkan dimensi keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati dan berwujud. Berdasarkan hasil data kuisioner yang telah diolah maka diperoleh tingkat kesesuaian antara skor kinerja dengan skor kepentingan. Skor rata-rata tingkat kinerja dan tingkat kepentingan diperoleh dengan membagi dengan jumlah responden (50 responden) yang akan menghasilkan nilai tengah dari nilai tingkatvkinerja sebesar 3,80 dan tingkat kepentingan sebesar 4,84 nilai tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan yang telah dilakukan KSU Tunas Jaya secara keseluruhan sangat baik. Dengan meningkatnya pelayanan atas faktor-faktor yang belum memuaskan tersebut akan lebih menumbuhkan kepercayaan masyarakat yang secara otomatis akan menaikkan SHU (Sisa Hasil Usaha) Koperasi Serba Usaha Tunas Jaya.



ANALISIS JURNAL :
Tema                           : Strategi Pemasaran
Judul                           : Kreatifitas Pemasaran Perusahaan Produk Dan Jasa

LATAR BELAKANG
Sebagaimana kita ketahui bahwa produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun peminatnya. Oleh karena itu, produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha.
Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya, dimana produk dapat diperoleh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasi yang jelas. Maka peranan promosi berguna untuk:
v Memperkenalkan produk atau jasa serta mutunya kepada masyarakat.
v Memberitahukan legunaan dari barang atau jasa tersebut kepada masyarakat serta
cara penggunaanya.
vMemperkenalkan barang atau jasa baru
Oleh karenanya adalah menjadi keharusan bagi perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan perusahaan. Dimana harus diperhitungkan jumlah dana yang tersedia dengan besarnya manfaat yang diperoleh dari kegiatan promosi yang dijalankan perusahaan.
Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat dinamis, yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus

dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau peluan pada beberapa sasaran pasar.
Melihat pentingnya stratrgi pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan perusahaan, maka saya tertarik untuk lebih memperjelas lagi topik tersebut dalam penulisan ini.

RumusanMasalah
Sesuai dengan latar belakang yang saya paparkan di atas maka saya mencoba menguraikan pokok permasalahan sebagai berikut :
1) Bagaimana proses atau tahapan pelaksanaan pengembangan pemasaran produk dan jasa?

Batasan Masalah
Mengingat terlalu luasnya pembahasan mengenai pemasaran produk dan jasa, maka dalam penulisan ini hanya dibatasi pada strategi pemasarannya




Tujuan Penelitian
Sesuai dengan masalah yang dirumuskan, maka tujuan diadakannya penelitian adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui proses atau tahapan pelaksanaan pengembangan kreatifitas dalam memasarkan produk dan jasa.

Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah :
Sedangkan manfaat penelitian ini ialah:
1. Sebagai bahan masukan bagi perusahaan dalam melaksanakan kegiatannya yang berhubungan dengan strategi pemasaran.
2. sebagai bahan untuk menambah pengetahuan di bidang asuransi khususnya tentang peranan strategi pemasaran.

METODOLOGI PENELITIAN
1. Data yang Diperlukan
Dalam penulisan ini penulis mengadakan penelitian guna mendapatkan data dan informasi yang akan digunakan sebagai bahan analisis, dalam hal ini yang diperlukan adalah sebagai berikut:
Data sekunder
Yakni merupakan data yang diperoleh dari bahan-bahan bacaan, yaitu leteratur, catatan kuliah, contoh-contoh jurnal dan lain-lain yang berhubungan dengan hal tersebut.
2. Metode Penelitian
untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penyelesaian analisis ini, penulis melakukan satu bentuk penelitian yaitu:
a. Penelitian Kepustakaan
Untuk menguatkan ide/gagasan dalam menganalisis dan mengevaluasi hasil penelitian lapangan, maka diperlukan landasan seperti teori-teori atau pendapat para ahli yang bersumber dari buku-buku bacaan, bahan kuliah, majalah-majalah ilmiah dan sumber-sumber lainnya yang dianggap penting dan ada hubungannya dengan tulisan ini.
3. Tehnik Pengumpulan Data
Dalam hal ini penulis mengumpulkan data dengan menggunakan satu cara yaitu:
Observasi
Yaitu mendapatkan data dari beberapa jurnal yang berhubungan dengan tema dan judul yang penulis analisis objek penelitian dengan cara membandingkan ketiga jurnal tersebut guna mempelajari  bagaimana peranan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa.
LANDASAN TEORI
Strategi pemasaran merupakan salah satu senjata bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan pasar. Pada dasarnya strategi pemasaran adalah mencari kecocokan antara kemampuan internal perusahaan dengan peluang eksternal yang ada di pasar. Mencari kecocokan ini merupakan tanggung jawab dari bagian pemasaran untuk menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan produk yang dihasilkan dan sesuai dengan dengan segmen pasar yang ingin dituju oleh produk yang diluncurkan.
Mengenali karakteristik pasar dan struktur pasar sangatlah menguntungkan bagi perusahaan untuk dapat tetap bersaing dan survive (kelangsungan hidup perusahaan). Kelemahan dan keunggulan perusahaan hendaknya dianalisis sehingga menjadi sebuah titik tolak yang kuat buat perusahaan dalam mengambil keputusan yang efektif dan efisien serta untuk memperkuat posisinya dari para pesaing yang ada.
Tujuan utama dari sebuah perusahaan ialah pencapaian profit (laba) dan hal ini dapat juga sebagai tolak ukur dalam sukses atau tidaknya sebuah perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Selain itu efektifitas dan efisiensi dalam menjalankan operasional perusahaan juga memegang peranan penting. Efesiensi yang dimaksud adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan perhitungan dan pertimbangan yang tepat sehingga tidak ada pemborosan biaya baik itu dalam operaional maupun dalam biaya promosi maupun iklan dan efektifitas yang dimaksud ialah pemilihan stategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan pasar yang dilayani oleh perusahaan sehingga sasaran yang ditetapkan dapat tercapai.

KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bagian kesmplan dan saran ini penulis mencoba menarik kesimpulan atas hasil penelitian dengan memberikan sumbangsih berupa saran-saran yang mungkin bermanfaat bagi perusahaan maupun maupun universitas.
Berdasarkan analisis yang didapat,  pentingnya kreatifitas dalam sistem pemasaran adalah :
a. Untuk mempertahankan prestasi atau menanggualangi kelemahan yang ada dalam upaya                                                mencapai efektifitas penjualan.
b. Untuk meningkatkan volume penjualan.
c. Untuk mengurangi keluhan pelanggan dari prosedur penjualan.
d. Untuk meningkatkan strategi yang ditetapkan oleh perusahaan.
e. Untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
Setelah dilakukan penelitian dan pembahasan serta berdasarkan kesimpulan, maka penulis memberikan saran-saran sebagai berikut :
1. Perlu adanya pemeriksaan intern pada fungsi-fungsi yang di atur menurut kebijakan manajemen dan direksi dengan memeriksa dan menilai kegiatan-kegiatan perusahaan.  
2. Meningkatkan sarana dan prasarana perusahaan yang lebih baik lagi sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lain.
3. Mengoptimalkan cara kerja dan kapasitas kerja dalam perusahaan dengan menghemat biaya-biaya.


NAMA                                    : RIZQIYA FIRDAUSY AESQY
KELAS/NPM                         : 3EA10/16210205