Sabtu, 13 Oktober 2012

METODE RISET : Peningkatan strategi pemasaran


JURNAL 1

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MASTER’s BANDREK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MINUMAN BANDREK
NPM:10203560
Nama:INSAN ARGA PRAYUDHA
Pembimbing: Rofi’ah, SE. MM
Abstraksi:Insan Arga Prayudha/10203560

 “STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MASTER’s BANDREK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MINUMAN BANDREK”. Penulisan Ilmiah, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2012. Kata kunci: Strategi pemasaran dan tingkat penjualan Master’s Bandrek. (ix + 38 halaman) Dalam menjual produk minuman bandrek, Master’s Bandrek menerapkan strategi-strategi pemasaran yang digunakan sebagai berikut yaitu strategi penetapan harga, strategi promosi dan strategi SWOT. Selain dapat mengetahui strategi pemasaran yang dipakai, penulis juga dapat mengetahui tingkat penjualan produk minuman bandrek yang diperoleh Master’s Bandrek mulai bulan Januari sampai dengan bulan Juni tahun 2012. Mulai bulan Januari sampai April selalu terjadi peningkatan penjualan, walaupun sempat mengalami penurunan dibulan Mei karena munculnya masalah intermal. Tetapi Master’s Bandrek mampu mengatasinya dengan naiknya kembali tingkat penjualan usaha tersebut dibulan Juni. Daftar Pustaka (2001 s/d 2009) Tanggal Sidang: 2012-08-13Tanggal Penyerahan: 2012-09-03 18:44:4





JURNAL 2
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT. METRODATA ELECTRONICS, TBK DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK TEKNOLOGI INFORMASI
NPM:10207190
Nama:BAGUS HANDOKO
Nomor Induk: FILKOM/KA/SSM/02153/2012
Pembimbing: Dr.Ir.Riskayanto , MM
Abstraksi: ABSTRAKSI Bagus Handoko/ 10207190
“STRATEGI PEMASARAN PT. METRODATA ELECTRONICS, TBK DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK TEKNOLOGI INFORMASI”. Penulisan Ilmiah, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2012. Kata kunci: Strategi pemasaran dan tingkat penjualan PT. Metrodata Electronics. (ix + 37 halaman) Dalam memasarkan produk teknologi informasi, PT. Metrodata Electronics menerapkan strategi-strategi pemasaran yang digunakan sebagai berikut yaitu strategi penetapan harga, strategi saluran distribusi, strategi promosi dan strategi SWOT. Selain dapat mengetahui strategi pemasaran yang dipakai, penulis juga dapat mengetahui tingkat penjualan produk teknologi informasi yang diperoleh PT. Metrodata Electronics mulai tahun 2006 sampai dengan tahun 2010. Mulai tahun 2006 sampai dengan tahun 2008 selalu terjadi peningkatan penjualan, walaupun sempat mengalami penurunan ditahun 2009 karena munculnya perusahaan pesaing yang sangat pesat. Tetapi PT. Metrodata Electronics mampu mengatasinya dengan naiknya kembali tingkat penjualan perusahaan tersebut ditahun 2010.




JURNAL 3
STRATEGI PEMASARAN KOPERASI SERBA USAHA TUNAS JAYA DALAM PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN SEMINAR PENULISAN ILMIAH
NPM:11206177
Nama:PUTRI WULANDARI
Nomor Panggil: 658.802 Wul s
Pembimbing: Sugiharti Binastuti, SE,MM
Abstraksi
Kualitas pelayanan diperkirakan berpengaruh terhadap jumlah pelanggan dan oleh sebab itu, dilakukan penelitian terhadap Koperasi Serba Usaha Tunas Jaya dengan menganalisis data dengan 50 set kuisioner. Kualitas pelayanan diukur berdasarkan dimensi keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati dan berwujud. Berdasarkan hasil data kuisioner yang telah diolah maka diperoleh tingkat kesesuaian antara skor kinerja dengan skor kepentingan. Skor rata-rata tingkat kinerja dan tingkat kepentingan diperoleh dengan membagi dengan jumlah responden (50 responden) yang akan menghasilkan nilai tengah dari nilai tingkatvkinerja sebesar 3,80 dan tingkat kepentingan sebesar 4,84 nilai tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan yang telah dilakukan KSU Tunas Jaya secara keseluruhan sangat baik. Dengan meningkatnya pelayanan atas faktor-faktor yang belum memuaskan tersebut akan lebih menumbuhkan kepercayaan masyarakat yang secara otomatis akan menaikkan SHU (Sisa Hasil Usaha) Koperasi Serba Usaha Tunas Jaya.




LATAR BELAKANG
Sebagaimana kita ketahui bahwa produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun peminatnya. Oleh karena itu, produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha.
Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya, dimana produk dapat diperoleh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasi yang jelas. Maka peranan promosi berguna untuk:
v Memperkenalkan produk atau jasa serta mutunya kepada masyarakat.
v Memberitahukan legunaan dari barang atau jasa tersebut kepada masyarakat serta
cara penggunaanya.
vMemperkenalkan barang atau jasa baru
Oleh karenanya adalah menjadi keharusan bagi perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan perusahaan. Dimana harus diperhitungkan jumlah dana yang tersedia dengan besarnya manfaat yang diperoleh dari kegiatan promosi yang dijalankan perusahaan.
Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat dinamis, yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus

dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau peluan pada beberapa sasaran pasar.
Melihat pentingnya stratrgi pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan perusahaan, maka penulis tertarik untuk lebih memperjelas lagi topik tersebut dalam penulisan karya ilmiah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar