JURNAL 1
ANALISIS
STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MASTER’s BANDREK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN
PRODUK MINUMAN BANDREK
NPM:10203560
Nama:INSAN
ARGA PRAYUDHA
Pembimbing:
Rofi’ah, SE. MM
Abstraksi:Insan
Arga Prayudha/10203560
“STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MASTER’s
BANDREK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MINUMAN BANDREK”. Penulisan Ilmiah,
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2012. Kata kunci:
Strategi pemasaran dan tingkat penjualan Master’s Bandrek. (ix + 38 halaman)
Dalam menjual produk minuman bandrek, Master’s Bandrek menerapkan
strategi-strategi pemasaran yang digunakan sebagai berikut yaitu strategi
penetapan harga, strategi promosi dan strategi SWOT. Selain dapat mengetahui
strategi pemasaran yang dipakai, penulis juga dapat mengetahui tingkat
penjualan produk minuman bandrek yang diperoleh Master’s Bandrek mulai bulan
Januari sampai dengan bulan Juni tahun 2012. Mulai bulan Januari sampai April
selalu terjadi peningkatan penjualan, walaupun sempat mengalami penurunan
dibulan Mei karena munculnya masalah intermal. Tetapi Master’s Bandrek mampu
mengatasinya dengan naiknya kembali tingkat penjualan usaha tersebut dibulan
Juni. Daftar Pustaka (2001 s/d 2009) Tanggal Sidang: 2012-08-13Tanggal
Penyerahan: 2012-09-03 18:44:4
JURNAL 2
ANALISIS
STRATEGI PEMASARAN PT. METRODATA ELECTRONICS, TBK DALAM USAHA MENINGKATKAN
PENJUALAN PRODUK TEKNOLOGI INFORMASI
NPM:10207190
Nama:BAGUS
HANDOKO
Nomor
Induk: FILKOM/KA/SSM/02153/2012
Pembimbing:
Dr.Ir.Riskayanto , MM
Abstraksi:
ABSTRAKSI Bagus Handoko/ 10207190
“STRATEGI
PEMASARAN PT. METRODATA ELECTRONICS, TBK DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN
PRODUK TEKNOLOGI INFORMASI”. Penulisan Ilmiah, Jurusan Manajemen, Fakultas
Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2012. Kata kunci: Strategi pemasaran dan
tingkat penjualan PT. Metrodata Electronics. (ix + 37 halaman) Dalam memasarkan
produk teknologi informasi, PT. Metrodata Electronics menerapkan
strategi-strategi pemasaran yang digunakan sebagai berikut yaitu strategi
penetapan harga, strategi saluran distribusi, strategi promosi dan strategi
SWOT. Selain dapat mengetahui strategi pemasaran yang dipakai, penulis juga
dapat mengetahui tingkat penjualan produk teknologi informasi yang diperoleh
PT. Metrodata Electronics mulai tahun 2006 sampai dengan tahun 2010. Mulai
tahun 2006 sampai dengan tahun 2008 selalu terjadi peningkatan penjualan,
walaupun sempat mengalami penurunan ditahun 2009 karena munculnya perusahaan pesaing
yang sangat pesat. Tetapi PT. Metrodata Electronics mampu mengatasinya dengan
naiknya kembali tingkat penjualan perusahaan tersebut ditahun 2010.
JURNAL
3
STRATEGI
PEMASARAN KOPERASI SERBA USAHA TUNAS JAYA DALAM PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN
JUMLAH PELANGGAN SEMINAR PENULISAN ILMIAH
NPM:11206177
Nama:PUTRI
WULANDARI
Nomor
Panggil: 658.802 Wul s
Pembimbing:
Sugiharti Binastuti, SE,MM
Abstraksi
Kualitas
pelayanan diperkirakan berpengaruh terhadap jumlah pelanggan dan oleh sebab
itu, dilakukan penelitian terhadap Koperasi Serba Usaha Tunas Jaya dengan
menganalisis data dengan 50 set kuisioner. Kualitas pelayanan diukur
berdasarkan dimensi keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati dan berwujud.
Berdasarkan hasil data kuisioner yang telah diolah maka diperoleh tingkat
kesesuaian antara skor kinerja dengan skor kepentingan. Skor rata-rata tingkat
kinerja dan tingkat kepentingan diperoleh dengan membagi dengan jumlah
responden (50 responden) yang akan menghasilkan nilai tengah dari nilai
tingkatvkinerja sebesar 3,80 dan tingkat kepentingan sebesar 4,84 nilai
tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan yang telah dilakukan
KSU Tunas Jaya secara keseluruhan sangat baik. Dengan meningkatnya pelayanan
atas faktor-faktor yang belum memuaskan tersebut akan lebih menumbuhkan
kepercayaan masyarakat yang secara otomatis akan menaikkan SHU (Sisa Hasil
Usaha) Koperasi Serba Usaha Tunas Jaya.
LATAR
BELAKANG
Sebagaimana kita ketahui bahwa produk
ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat mencari
sendiri pembeli ataupun peminatnya. Oleh karena itu, produsen dalam kegiatan
pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenai produk atau
jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang
pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan
promosi.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah satu
faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan
suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat,
maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam
mengembangkan dan mempertahankan usaha.
Suatu produk tidak akan dibeli bahkan
dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya, dimana
produk dapat diperoleh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi
sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasi yang jelas. Maka peranan promosi
berguna untuk:
v
Memperkenalkan produk atau jasa serta mutunya kepada masyarakat.
v
Memberitahukan legunaan dari barang atau jasa tersebut kepada masyarakat serta
cara
penggunaanya.
vMemperkenalkan
barang atau jasa baru
Oleh karenanya adalah menjadi keharusan bagi perusahaan
untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi
sasaran yang efektif. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan
perusahaan. Dimana harus diperhitungkan jumlah dana yang tersedia dengan
besarnya manfaat yang diperoleh dari kegiatan promosi yang dijalankan perusahaan.
Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat
dinamis, yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya
keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran
mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan
pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang
diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan
lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus
dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa
yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau peluan pada
beberapa sasaran pasar.
Melihat pentingnya stratrgi pemasaran terhadap peningkatan
volume penjualan perusahaan, maka penulis tertarik untuk lebih memperjelas lagi
topik tersebut dalam penulisan karya ilmiah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar