Minggu, 21 Oktober 2012

ANALISIS JURNAL METODE RISET


JURNAL 1

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MASTER’s BANDREK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MINUMAN BANDREK
NPM:10203560
Nama:INSAN ARGA PRAYUDHA
Pembimbing: Rofi’ah, SE. MM
Abstraksi:Insan Arga Prayudha/10203560

 “STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MASTER’s BANDREK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MINUMAN BANDREK”. Penulisan Ilmiah, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2012. Kata kunci: Strategi pemasaran dan tingkat penjualan Master’s Bandrek. (ix + 38 halaman) Dalam menjual produk minuman bandrek, Master’s Bandrek menerapkan strategi-strategi pemasaran yang digunakan sebagai berikut yaitu strategi penetapan harga, strategi promosi dan strategi SWOT. Selain dapat mengetahui strategi pemasaran yang dipakai, penulis juga dapat mengetahui tingkat penjualan produk minuman bandrek yang diperoleh Master’s Bandrek mulai bulan Januari sampai dengan bulan Juni tahun 2012. Mulai bulan Januari sampai April selalu terjadi peningkatan penjualan, walaupun sempat mengalami penurunan dibulan Mei karena munculnya masalah intermal. Tetapi Master’s Bandrek mampu mengatasinya dengan naiknya kembali tingkat penjualan usaha tersebut dibulan Juni. Daftar Pustaka (2001 s/d 2009) Tanggal Sidang: 2012-08-13Tanggal Penyerahan: 2012-09-03 18:44:4





JURNAL 2
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT. METRODATA ELECTRONICS, TBK DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK TEKNOLOGI INFORMASI
NPM:10207190
Nama:BAGUS HANDOKO
Nomor Induk: FILKOM/KA/SSM/02153/2012
Pembimbing: Dr.Ir.Riskayanto , MM
Abstraksi: ABSTRAKSI Bagus Handoko/ 10207190
“STRATEGI PEMASARAN PT. METRODATA ELECTRONICS, TBK DALAM USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK TEKNOLOGI INFORMASI”. Penulisan Ilmiah, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2012. Kata kunci: Strategi pemasaran dan tingkat penjualan PT. Metrodata Electronics. (ix + 37 halaman) Dalam memasarkan produk teknologi informasi, PT. Metrodata Electronics menerapkan strategi-strategi pemasaran yang digunakan sebagai berikut yaitu strategi penetapan harga, strategi saluran distribusi, strategi promosi dan strategi SWOT. Selain dapat mengetahui strategi pemasaran yang dipakai, penulis juga dapat mengetahui tingkat penjualan produk teknologi informasi yang diperoleh PT. Metrodata Electronics mulai tahun 2006 sampai dengan tahun 2010. Mulai tahun 2006 sampai dengan tahun 2008 selalu terjadi peningkatan penjualan, walaupun sempat mengalami penurunan ditahun 2009 karena munculnya perusahaan pesaing yang sangat pesat. Tetapi PT. Metrodata Electronics mampu mengatasinya dengan naiknya kembali tingkat penjualan perusahaan tersebut ditahun 2010.




JURNAL 3
STRATEGI PEMASARAN KOPERASI SERBA USAHA TUNAS JAYA DALAM PELAYANAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN SEMINAR PENULISAN ILMIAH
NPM:11206177
Nama:PUTRI WULANDARI
Nomor Panggil: 658.802 Wul s
Pembimbing: Sugiharti Binastuti, SE,MM
Abstraksi
Kualitas pelayanan diperkirakan berpengaruh terhadap jumlah pelanggan dan oleh sebab itu, dilakukan penelitian terhadap Koperasi Serba Usaha Tunas Jaya dengan menganalisis data dengan 50 set kuisioner. Kualitas pelayanan diukur berdasarkan dimensi keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati dan berwujud. Berdasarkan hasil data kuisioner yang telah diolah maka diperoleh tingkat kesesuaian antara skor kinerja dengan skor kepentingan. Skor rata-rata tingkat kinerja dan tingkat kepentingan diperoleh dengan membagi dengan jumlah responden (50 responden) yang akan menghasilkan nilai tengah dari nilai tingkatvkinerja sebesar 3,80 dan tingkat kepentingan sebesar 4,84 nilai tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan yang telah dilakukan KSU Tunas Jaya secara keseluruhan sangat baik. Dengan meningkatnya pelayanan atas faktor-faktor yang belum memuaskan tersebut akan lebih menumbuhkan kepercayaan masyarakat yang secara otomatis akan menaikkan SHU (Sisa Hasil Usaha) Koperasi Serba Usaha Tunas Jaya.



ANALISIS JURNAL :
Tema                           : Strategi Pemasaran
Judul                           : Kreatifitas Pemasaran Perusahaan Produk Dan Jasa

LATAR BELAKANG
Sebagaimana kita ketahui bahwa produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun peminatnya. Oleh karena itu, produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha.
Suatu produk tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya, keunggulannya, dimana produk dapat diperoleh dan berapa harganya. Untuk itulah konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan informasi yang jelas. Maka peranan promosi berguna untuk:
v Memperkenalkan produk atau jasa serta mutunya kepada masyarakat.
v Memberitahukan legunaan dari barang atau jasa tersebut kepada masyarakat serta
cara penggunaanya.
vMemperkenalkan barang atau jasa baru
Oleh karenanya adalah menjadi keharusan bagi perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran yang efektif. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan perusahaan. Dimana harus diperhitungkan jumlah dana yang tersedia dengan besarnya manfaat yang diperoleh dari kegiatan promosi yang dijalankan perusahaan.
Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat dinamis, yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus

dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau peluan pada beberapa sasaran pasar.
Melihat pentingnya stratrgi pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan perusahaan, maka saya tertarik untuk lebih memperjelas lagi topik tersebut dalam penulisan ini.

RumusanMasalah
Sesuai dengan latar belakang yang saya paparkan di atas maka saya mencoba menguraikan pokok permasalahan sebagai berikut :
1) Bagaimana proses atau tahapan pelaksanaan pengembangan pemasaran produk dan jasa?

Batasan Masalah
Mengingat terlalu luasnya pembahasan mengenai pemasaran produk dan jasa, maka dalam penulisan ini hanya dibatasi pada strategi pemasarannya




Tujuan Penelitian
Sesuai dengan masalah yang dirumuskan, maka tujuan diadakannya penelitian adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui proses atau tahapan pelaksanaan pengembangan kreatifitas dalam memasarkan produk dan jasa.

Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah :
Sedangkan manfaat penelitian ini ialah:
1. Sebagai bahan masukan bagi perusahaan dalam melaksanakan kegiatannya yang berhubungan dengan strategi pemasaran.
2. sebagai bahan untuk menambah pengetahuan di bidang asuransi khususnya tentang peranan strategi pemasaran.

METODOLOGI PENELITIAN
1. Data yang Diperlukan
Dalam penulisan ini penulis mengadakan penelitian guna mendapatkan data dan informasi yang akan digunakan sebagai bahan analisis, dalam hal ini yang diperlukan adalah sebagai berikut:
Data sekunder
Yakni merupakan data yang diperoleh dari bahan-bahan bacaan, yaitu leteratur, catatan kuliah, contoh-contoh jurnal dan lain-lain yang berhubungan dengan hal tersebut.
2. Metode Penelitian
untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penyelesaian analisis ini, penulis melakukan satu bentuk penelitian yaitu:
a. Penelitian Kepustakaan
Untuk menguatkan ide/gagasan dalam menganalisis dan mengevaluasi hasil penelitian lapangan, maka diperlukan landasan seperti teori-teori atau pendapat para ahli yang bersumber dari buku-buku bacaan, bahan kuliah, majalah-majalah ilmiah dan sumber-sumber lainnya yang dianggap penting dan ada hubungannya dengan tulisan ini.
3. Tehnik Pengumpulan Data
Dalam hal ini penulis mengumpulkan data dengan menggunakan satu cara yaitu:
Observasi
Yaitu mendapatkan data dari beberapa jurnal yang berhubungan dengan tema dan judul yang penulis analisis objek penelitian dengan cara membandingkan ketiga jurnal tersebut guna mempelajari  bagaimana peranan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa.
LANDASAN TEORI
Strategi pemasaran merupakan salah satu senjata bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan pasar. Pada dasarnya strategi pemasaran adalah mencari kecocokan antara kemampuan internal perusahaan dengan peluang eksternal yang ada di pasar. Mencari kecocokan ini merupakan tanggung jawab dari bagian pemasaran untuk menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan produk yang dihasilkan dan sesuai dengan dengan segmen pasar yang ingin dituju oleh produk yang diluncurkan.
Mengenali karakteristik pasar dan struktur pasar sangatlah menguntungkan bagi perusahaan untuk dapat tetap bersaing dan survive (kelangsungan hidup perusahaan). Kelemahan dan keunggulan perusahaan hendaknya dianalisis sehingga menjadi sebuah titik tolak yang kuat buat perusahaan dalam mengambil keputusan yang efektif dan efisien serta untuk memperkuat posisinya dari para pesaing yang ada.
Tujuan utama dari sebuah perusahaan ialah pencapaian profit (laba) dan hal ini dapat juga sebagai tolak ukur dalam sukses atau tidaknya sebuah perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Selain itu efektifitas dan efisiensi dalam menjalankan operasional perusahaan juga memegang peranan penting. Efesiensi yang dimaksud adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan perhitungan dan pertimbangan yang tepat sehingga tidak ada pemborosan biaya baik itu dalam operaional maupun dalam biaya promosi maupun iklan dan efektifitas yang dimaksud ialah pemilihan stategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan pasar yang dilayani oleh perusahaan sehingga sasaran yang ditetapkan dapat tercapai.

KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bagian kesmplan dan saran ini penulis mencoba menarik kesimpulan atas hasil penelitian dengan memberikan sumbangsih berupa saran-saran yang mungkin bermanfaat bagi perusahaan maupun maupun universitas.
Berdasarkan analisis yang didapat,  pentingnya kreatifitas dalam sistem pemasaran adalah :
a. Untuk mempertahankan prestasi atau menanggualangi kelemahan yang ada dalam upaya                                                mencapai efektifitas penjualan.
b. Untuk meningkatkan volume penjualan.
c. Untuk mengurangi keluhan pelanggan dari prosedur penjualan.
d. Untuk meningkatkan strategi yang ditetapkan oleh perusahaan.
e. Untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
Setelah dilakukan penelitian dan pembahasan serta berdasarkan kesimpulan, maka penulis memberikan saran-saran sebagai berikut :
1. Perlu adanya pemeriksaan intern pada fungsi-fungsi yang di atur menurut kebijakan manajemen dan direksi dengan memeriksa dan menilai kegiatan-kegiatan perusahaan.  
2. Meningkatkan sarana dan prasarana perusahaan yang lebih baik lagi sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lain.
3. Mengoptimalkan cara kerja dan kapasitas kerja dalam perusahaan dengan menghemat biaya-biaya.


NAMA                                    : RIZQIYA FIRDAUSY AESQY
KELAS/NPM                         : 3EA10/16210205

Tidak ada komentar:

Posting Komentar