JURNAL 1
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MASTER’s BANDREK DALAM
MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MINUMAN BANDREK
NPM:10203560
Nama:INSAN ARGA PRAYUDHA
Pembimbing: Rofi’ah, SE. MM
Abstraksi:Insan Arga Prayudha/10203560
“STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MASTER’s BANDREK DALAM
MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK MINUMAN BANDREK”. Penulisan Ilmiah, Jurusan
Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2012. Kata kunci: Strategi
pemasaran dan tingkat penjualan Master’s Bandrek. (ix + 38 halaman) Dalam menjual
produk minuman bandrek, Master’s Bandrek menerapkan strategi-strategi pemasaran
yang digunakan sebagai berikut yaitu strategi penetapan harga, strategi promosi
dan strategi SWOT. Selain dapat mengetahui strategi pemasaran yang dipakai,
penulis juga dapat mengetahui tingkat penjualan produk minuman bandrek yang
diperoleh Master’s Bandrek mulai bulan Januari sampai dengan bulan Juni tahun
2012. Mulai bulan Januari sampai April selalu terjadi peningkatan penjualan,
walaupun sempat mengalami penurunan dibulan Mei karena munculnya masalah
intermal. Tetapi Master’s Bandrek mampu mengatasinya dengan naiknya kembali
tingkat penjualan usaha tersebut dibulan Juni. Daftar Pustaka (2001 s/d 2009)
Tanggal Sidang: 2012-08-13Tanggal Penyerahan: 2012-09-03 18:44:4
JURNAL 2
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT. METRODATA ELECTRONICS, TBK DALAM
USAHA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK TEKNOLOGI INFORMASI
NPM:10207190
Nama:BAGUS HANDOKO
Nomor Induk: FILKOM/KA/SSM/02153/2012
Pembimbing: Dr.Ir.Riskayanto , MM
Abstraksi: ABSTRAKSI Bagus Handoko/ 10207190
“STRATEGI PEMASARAN PT. METRODATA ELECTRONICS, TBK DALAM USAHA
MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK TEKNOLOGI INFORMASI”. Penulisan Ilmiah, Jurusan
Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2012. Kata kunci: Strategi
pemasaran dan tingkat penjualan PT. Metrodata Electronics. (ix + 37 halaman)
Dalam memasarkan produk teknologi informasi, PT. Metrodata Electronics
menerapkan strategi-strategi pemasaran yang digunakan sebagai berikut yaitu
strategi penetapan harga, strategi saluran distribusi, strategi promosi dan
strategi SWOT. Selain dapat mengetahui strategi pemasaran yang dipakai, penulis
juga dapat mengetahui tingkat penjualan produk teknologi informasi yang
diperoleh PT. Metrodata Electronics mulai tahun 2006 sampai dengan tahun 2010.
Mulai tahun 2006 sampai dengan tahun 2008 selalu terjadi peningkatan penjualan,
walaupun sempat mengalami penurunan ditahun 2009 karena munculnya perusahaan
pesaing yang sangat pesat. Tetapi PT. Metrodata Electronics mampu mengatasinya
dengan naiknya kembali tingkat penjualan perusahaan tersebut ditahun 2010.
JURNAL 3
STRATEGI PEMASARAN KOPERASI SERBA USAHA TUNAS JAYA DALAM PELAYANAN
UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN SEMINAR PENULISAN ILMIAH
NPM:11206177
Nama:PUTRI WULANDARI
Nomor Panggil: 658.802 Wul s
Pembimbing: Sugiharti Binastuti, SE,MM
Abstraksi
Kualitas pelayanan diperkirakan berpengaruh terhadap jumlah
pelanggan dan oleh sebab itu, dilakukan penelitian terhadap Koperasi Serba
Usaha Tunas Jaya dengan menganalisis data dengan 50 set kuisioner. Kualitas
pelayanan diukur berdasarkan dimensi keandalan, keresponsifan, keyakinan,
empati dan berwujud. Berdasarkan hasil data kuisioner yang telah diolah maka
diperoleh tingkat kesesuaian antara skor kinerja dengan skor kepentingan. Skor
rata-rata tingkat kinerja dan tingkat kepentingan diperoleh dengan membagi
dengan jumlah responden (50 responden) yang akan menghasilkan nilai tengah dari
nilai tingkatvkinerja sebesar 3,80 dan tingkat kepentingan sebesar 4,84 nilai
tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan kualitas pelayanan yang telah dilakukan
KSU Tunas Jaya secara keseluruhan sangat baik. Dengan meningkatnya pelayanan
atas faktor-faktor yang belum memuaskan tersebut akan lebih menumbuhkan
kepercayaan masyarakat yang secara otomatis akan menaikkan SHU (Sisa Hasil
Usaha) Koperasi Serba Usaha Tunas Jaya.
ANALISIS JURNAL :
Tema :
Strategi Pemasaran
Judul :
Kreatifitas Pemasaran Perusahaan Produk Dan Jasa
LATAR BELAKANG
Sebagaimana kita ketahui
bahwa produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat
mencari sendiri pembeli ataupun peminatnya. Oleh karena itu, produsen dalam
kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenai
produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen
dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui
kegiatan promosi.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah
salah satu faktor yang diperlukan bagi keberhasilan dan strategi pemasaran yang
diterapkan suatu perusahaan terutama pada saat ini ketika era informasi
berkembang pesat, maka promosi merupakan salah satu senjata ampuh bagi
perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha.
Suatu produk tidak akan
dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaannya,
keunggulannya, dimana produk dapat diperoleh dan berapa harganya. Untuk itulah
konsumen yang menjadi sasaran produk atau jasa perusahaan perlu diberikan
informasi yang
jelas. Maka peranan promosi berguna untuk:
v Memperkenalkan produk atau jasa serta mutunya
kepada masyarakat.
v Memberitahukan legunaan dari barang atau jasa
tersebut kepada masyarakat serta
cara penggunaanya.
vMemperkenalkan barang atau jasa baru
Oleh karenanya adalah menjadi keharusan bagi
perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat
memenuhi sasaran yang efektif. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan
keadaan perusahaan. Dimana harus diperhitungkan jumlah dana yang tersedia
dengan besarnya manfaat yang diperoleh dari kegiatan promosi yang dijalankan perusahaan.
Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha
bersifat dinamis, yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan
adanya keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi
pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan
umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran
yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan
pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus
dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah
tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau
peluan pada beberapa sasaran pasar.
Melihat pentingnya stratrgi pemasaran terhadap peningkatan volume
penjualan perusahaan, maka saya tertarik untuk lebih memperjelas lagi topik
tersebut dalam penulisan ini.
RumusanMasalah
Sesuai dengan latar belakang yang saya paparkan di atas maka saya mencoba menguraikan pokok permasalahan sebagai berikut :
1) Bagaimana proses atau tahapan pelaksanaan pengembangan pemasaran produk dan jasa?
Sesuai dengan latar belakang yang saya paparkan di atas maka saya mencoba menguraikan pokok permasalahan sebagai berikut :
1) Bagaimana proses atau tahapan pelaksanaan pengembangan pemasaran produk dan jasa?
Batasan Masalah
Mengingat terlalu luasnya pembahasan mengenai pemasaran produk dan jasa, maka dalam penulisan ini hanya dibatasi pada strategi pemasarannya
Mengingat terlalu luasnya pembahasan mengenai pemasaran produk dan jasa, maka dalam penulisan ini hanya dibatasi pada strategi pemasarannya
Tujuan Penelitian
Sesuai dengan masalah yang dirumuskan, maka tujuan diadakannya penelitian adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui proses atau tahapan pelaksanaan pengembangan kreatifitas dalam memasarkan produk dan jasa.
Sesuai dengan masalah yang dirumuskan, maka tujuan diadakannya penelitian adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui proses atau tahapan pelaksanaan pengembangan kreatifitas dalam memasarkan produk dan jasa.
Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah :
Sedangkan manfaat penelitian ini ialah:
Manfaat dari penelitian ini adalah :
Sedangkan manfaat penelitian ini ialah:
1. Sebagai bahan masukan bagi perusahaan dalam
melaksanakan kegiatannya yang berhubungan dengan strategi pemasaran.
2. sebagai bahan untuk menambah pengetahuan di
bidang asuransi khususnya tentang peranan strategi pemasaran.
METODOLOGI PENELITIAN
1. Data yang Diperlukan
Dalam penulisan ini penulis mengadakan penelitian
guna mendapatkan data dan informasi yang akan digunakan sebagai bahan analisis,
dalam hal ini yang diperlukan adalah sebagai berikut:
Data sekunder
Yakni merupakan data yang diperoleh dari
bahan-bahan bacaan, yaitu leteratur, catatan kuliah, contoh-contoh jurnal dan
lain-lain yang berhubungan dengan hal tersebut.
2. Metode Penelitian
untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam
penyelesaian analisis ini, penulis melakukan satu bentuk penelitian yaitu:
a. Penelitian Kepustakaan
Untuk menguatkan ide/gagasan dalam menganalisis dan
mengevaluasi hasil penelitian lapangan, maka diperlukan landasan seperti
teori-teori atau pendapat para ahli yang bersumber dari buku-buku bacaan, bahan
kuliah, majalah-majalah ilmiah dan sumber-sumber lainnya yang dianggap penting
dan ada hubungannya dengan tulisan ini.
3. Tehnik Pengumpulan Data
Dalam hal ini penulis mengumpulkan data dengan
menggunakan satu cara yaitu:
Observasi
Yaitu mendapatkan data dari beberapa jurnal yang
berhubungan dengan tema dan judul yang penulis analisis objek penelitian dengan
cara membandingkan ketiga jurnal tersebut guna mempelajari bagaimana peranan strategi pemasaran untuk
meningkatkan penjualan produk dan jasa.
LANDASAN
TEORI
Strategi pemasaran merupakan
salah satu senjata bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan pasar. Pada
dasarnya strategi pemasaran adalah mencari kecocokan antara kemampuan internal
perusahaan dengan peluang eksternal yang ada di pasar. Mencari kecocokan ini
merupakan tanggung jawab dari bagian pemasaran untuk menerapkan strategi
pemasaran yang sesuai dengan produk yang dihasilkan dan sesuai dengan dengan
segmen pasar yang ingin dituju oleh produk yang diluncurkan.
Mengenali karakteristik pasar
dan struktur pasar sangatlah menguntungkan bagi perusahaan untuk dapat tetap
bersaing dan survive (kelangsungan hidup perusahaan). Kelemahan dan
keunggulan perusahaan hendaknya dianalisis sehingga menjadi sebuah titik tolak
yang kuat buat perusahaan dalam mengambil keputusan yang efektif dan efisien
serta untuk memperkuat posisinya dari para pesaing yang ada.
Tujuan utama dari sebuah
perusahaan ialah pencapaian profit (laba) dan hal ini dapat juga sebagai
tolak ukur dalam sukses atau tidaknya sebuah perusahaan dalam pencapaian
tujuannya. Selain itu efektifitas dan efisiensi dalam menjalankan operasional
perusahaan juga memegang peranan penting. Efesiensi yang dimaksud adalah
strategi pemasaran yang dilakukan dengan perhitungan dan pertimbangan yang
tepat sehingga tidak ada pemborosan biaya baik itu dalam operaional maupun
dalam biaya promosi maupun iklan dan efektifitas yang dimaksud ialah pemilihan
stategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan pasar yang dilayani oleh
perusahaan sehingga sasaran yang ditetapkan dapat tercapai.
KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bagian kesmplan dan saran ini penulis mencoba
menarik kesimpulan atas hasil penelitian dengan memberikan sumbangsih berupa
saran-saran yang mungkin bermanfaat bagi perusahaan maupun maupun universitas.
Berdasarkan analisis yang
didapat, pentingnya kreatifitas dalam
sistem pemasaran adalah :
a. Untuk mempertahankan prestasi atau menanggualangi kelemahan yang ada dalam upaya mencapai efektifitas penjualan.
b. Untuk meningkatkan volume penjualan.
c. Untuk mengurangi keluhan pelanggan dari prosedur penjualan.
d. Untuk meningkatkan strategi yang ditetapkan oleh perusahaan.
e. Untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
a. Untuk mempertahankan prestasi atau menanggualangi kelemahan yang ada dalam upaya mencapai efektifitas penjualan.
b. Untuk meningkatkan volume penjualan.
c. Untuk mengurangi keluhan pelanggan dari prosedur penjualan.
d. Untuk meningkatkan strategi yang ditetapkan oleh perusahaan.
e. Untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
Setelah dilakukan penelitian dan
pembahasan serta berdasarkan kesimpulan, maka penulis memberikan saran-saran
sebagai berikut :
1. Perlu adanya pemeriksaan intern pada fungsi-fungsi yang di atur menurut kebijakan manajemen dan direksi dengan memeriksa dan menilai kegiatan-kegiatan perusahaan.
1. Perlu adanya pemeriksaan intern pada fungsi-fungsi yang di atur menurut kebijakan manajemen dan direksi dengan memeriksa dan menilai kegiatan-kegiatan perusahaan.
2. Meningkatkan sarana dan prasarana
perusahaan yang lebih baik lagi sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lain.
3. Mengoptimalkan cara kerja dan
kapasitas kerja dalam perusahaan dengan menghemat biaya-biaya.
NAMA :
RIZQIYA FIRDAUSY AESQY
KELAS/NPM : 3EA10/16210205
Tidak ada komentar:
Posting Komentar