Sabtu, 03 November 2012

METODE RISET


BAB IV
PEMBAHASAN

4.1 Hasil Penelitian dan Analisis / Pembahasan
 1. Aspek-aspek studi kelayakan
Didalam melakukan studi kelayakan banyak hal yang harus diperhatikan guna memaksimalkan kegiatan yang dilakukan, hal ini dimaksudnkan agar resko-resiko dapat diperkirakan dan dihindari. Maka perlu dilakukan berbagai macam penelitian :

  1. Aspek pasar dan pemasaran
            Untuk menyesuaikan data, tujuan, dan visi usaha restoran ini, maka perlu diperhatikan beberapa hal yang menunjang untuk berdirinya dan berjalannya usaha ini.
·         Pasar potensial
Dilihat dari situasi tempat dimana usaha salon “Salon Dion” yang akan didirikan ini, usaha salon ini mempunyai tempat yang sangat strategis, karena letaknya yang dekat dengan Universitas dan lingkungannya juga sangat ramai.
·         Harga
Harganya relative murah dan terjangkau oleh konsumen dan menjadikan konsumen untuk datang kemudian mencoba pelayanan jasa yang ditawarkan oleh salon tersebut.
·         Pesaing
Diberbagai bentuk usaha pastilah akan memiliki pesaing, begitu pula dengan usaha salon Dion ini. Dalam mengatasi persaingan, usaha salon ini menyediakan berbagai pelayanan jasa kecantikan dengan harga yang terjangkau dan pelayanan yang ramah.
·         Promosi
Promosi adalah suatu alat komunikasi bagi para konsumen agar mengetahui dan mengenal ‘Salon Dion” yang akan didirikan ini. Bentuk promosi yang dilakukan adalah dengan cara menempelkan pamflet-pamflet disekitar lingkungan usaha salon ini akan didirikan.

  1. Aspek Teknis dan Teknologi
·         Proses produksi
Dalam menjalankan usaha salon ini, pemilik dan karyawan menggunaka peralatan yang telah tersedia.
·         Lokasi usaha salon “Salon Dion”
Dalam membuka usaha salon Dion ini, pemili memilih lokasi yang berada di Jl. Raya Kranggan Bekasi. Lokasi ini dipilih karena letaknya yang strategis dan ramai.
·         Pembuangan limbah
Pihak usaha salon ini juga harus memperhatikan bagaimana pembuangan limbah dari proses produksinya. Pemilik sudah menyiapkan tempat sampah untuk membuang rambut konsumen yang telah dipotong dan juga para karyawan bergiliran membersihkan lantai agar terjaga kebersihannya.
·         Skedul kerja
Usaha salon ini membuka usahanya dari hari senin sampai sabtu dari pukul 08.00-22.00 WIB, sedangkan hari mnggu dijadikan hari libur untuk para karyawan.

  1. Aspek Ekonomi dan Sosial
            Dengan berdirinya usaha salon ini dapat membantu perekonomian Bapak Dion. Usaha salon ini juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang ingin bekerja.

  1. Aspek Manajemen
            Aspek keuangan merupakan aspek yang sangat menentukan dalam berjalannya suatu kegiatan usaha, karena berjalan atau tidaknya suatu usaha sangat tergantung pada ketersediaan dana, biaya modal serta kemampuan proyek untuk membayar kembali dana tersebut.

TABEL 4.1
Investasi Salon Dion yang berlokasi di Jl. Raya Kranggan Bekasi
Pada tahun 2009
Nama barang
Biaya Angkut
Harga Satuan
        Total
Kaca
          2,524
            3,786
        6,310
Bangku dan meja
          3,680
            5,520
        9,200
Alat salon
          3,780
            5,670
        9,450
Obat rambut
          3,308
            4,962
        8,270
lemari
          3,459
            5,223
        8,682

TABEL 4.2
Biaya Promosi Salon Dion
No
    Periklanan
Personal Selling
     Publisitas
     Total
1
        5,00
        2,00
         3,00
    10,00
2
        6,20
        2,48
         3,72
    12,40
3
        7,40
        2,96
         4,44
    14,80
4
        8,20
        3,28
         4,92
    16,40
5
        9,40
        4,35
         5,55
    19,30


TABEL 4.3
Biaya promosi dan Biaya Distribusi
Biaya Distribusi (x1)
Biaya Promosi (x2)
6.310.000.000
10.000.000.000
9.200.000.000
12.400.000.000
9.450.000.000
14.800.000.000
8.270.000.000
16.400.000.000
8.682.000.000
19.300.000.000

TABEL 4.4
Hasil Pelayanan Jasa Salon Dion
Tahun
Hasil Penjualan (y)
2007
130.000.000.000
2008
150.000.000.000
2009
180.000.000.000
2010
216.000.000.000
2011
290.000.000.000


Jumlah biaya distribusi dan promosi yang dikeluarkan diharapkan dapat meningkatkan hasil penjualan pada salon Salon Dion. Dimana pada setiap strategi dan langkah masing-asing pemakaian biaya distribusi secara menyeluruh ditujukan untuk mencapai target yang diharapkan.
            Maka dipergunakan metode analisa berdasarkan koefisien dan persamaan regresi sehingga dari analisa ini dapat diketahui pengaruh hubungan 2 variabel yaitu: variabel (x1) distribusi dan variabel (x2) promosi terhadap hasil penjualan (y).

4.4. Analisa Regresi Linier Berganda
            Untuk mengetahui adanya hubungannya antara biaya distribusi dan biaya promosi terhadap hasil pelayanan Salon Dion, maka analisis yang dipergunakan dalam penulisan ini didasarkan pada analisis regresi linier berganda dan analisis korelasi berganda untuk mengujian data yang ada.
            Untuk mengetahui hubungan antara variabel tidak bebas/terikat penjualan (y) dengan 2 variabel bebas yaitu biaya distribusi (x1) dan biaya promosi (x2). Maka dapat dilakukan dengan perhitungan regresi berganda yang didalamnya terdapat 2 atau lebih variabel bebas. Bentuk persamaan regresi linier berganda dengan 2 variabel bebas adalah:

Y   =    a + b1x1 + b2x2

Keterangan:   
Y         =    variabel terikat (dependen)
x1,x2     =    Variael bebas (independen)
b1,b2     =    Koefisien regresi linier berganda
a          =    Konstanta


Tabel 4.5
Perhitungan Regresi
Dengan 2 Variabel Bebas (independen)
(dalam milyar rupiah)
Thn
y
x1
x2
y2
x12
x22
x1.y
x2.y
x1.x2
98
99
00
01
02
130
150
180
216,3
290
6,31
9,20
9,45
8,27
8,68
10
12,4
14,8
16,4
19,3
16.900
22.500
32.400
46.785,69
84.100
39,81
84,64
89,30
68,39
75,34
100,00
153,76
219,04
268,90
372,49
820,3
1.380,0
1.701,0
1.788,8
2.517,2
1.300
1.860
2.664
3.547,32
5.597
63,10
114,08
139,86
135,62
167,52
å =
966,3
41,91
72,9
202.685,69
357,48
1.114,19
8.207,3
14.968,32
260,18


4.5. Mencari Persamaan Estimasi

A   =    nå x1y – (åx1) (åy)
      =    5 (8207,3) – (41,91) (966,3)
      =    41036,5 – 40497,63
      =    538,87

B   =    nå x22 – (å x2)2
      =    5 (1114,19) – (72,9)
      =    5570,95 – 5314,41
      =    256,54

C   =    nå x1. x2 – (åx1) (åx2)
      =    5 (620,18) – (41,91) (72,9)
      =    3100,9 – 3055,23
      =    45,67

D   =    nå x 2y - (åx2) (åy)
      =    5 (14968,32) – (72,9) (966,3)
      =    74841,6 – 70443,27
      =    4398,33

E    =    nå x12 - (åx1)2
      =    5 (357,48) – 41,91)2
      =    1787,4 – 1756,44
      =    30,96


F    =    EB – (C)2
      =    (30,96) (256,54) – 45,67)2
      =    7942,47 – 2085,74
      =    5856,73

Kemudian hasil dari A, B, C, D, E, dan F disubtitusikan kerumus b1, b2 dan a :
b1   =    AB – CD
F
      =    (538,87) (256,54) – (45,67) (4398,33)
5856,73
      =    138241,70 – 200871,73
5856,73
      =    -62630,03
  5856,73
      =    -10,6936

b2  =    DE –AC
F
      =    (4398,33) (3096) – (538,87) (45,67)
 5856,73

      =    136172,29 – 24610,19
5856,73
      =    111562,1
 5856,73
      =    19,0485

a    =    åy – b1 x1 – b2 x2
                       n
      =    966,3 – 10,6936 (41,91) – 19,0485 (72,9)
                                       5
     
=    966,3 – 448,1687 – 1388,6356
                            5
      =    966,3 – 940,4669
                        5
      =    5,1666

               Maka persamaan estimasinya adalah :
Y   =    a + b1 x1 + b2 x2
Y   =    5,1666 - 10,6936 x1 + 19,0485 x2

               Dari persamaan diatas dapat dilihat bahwa penambahan biaya distribusi (x1) akibat terjadinya keterlambatan pengiriman (keterlambatan dalam pengapalan) akan menyebabkan terjadinya penurunan sebesar 10,6936 dan sebaliknya bila terjadi penambahan biaya promosi (x2) dengan cara memperluas promosi akan menyebabkan kenaikan sebesar 19,0485. Sedangkan bila tidak ada promosi dan biaya distribusi maka penjualan yang diperoleh sebesar 5,1666.

4.6.  Analisa Koefisien Determinasi
Analisa ini digunakan untuk mengetahui variabel-variabel independen yang ada yang paling mempengaruhi variabel dependennya, dalam hal ini adalah tingkat penjualan yang terjadi.
Untuk dapat mengetahui keterangan mengenai ketetapan pengukuran yang sesuai dengan keadaan sebenarnya perlu dibuat analisis koefisien determinasi yang menggunakan rumus :

r2   =    n (a åy + b1 å x1y + b2 å x2 y) – (åy)2
                             n åy2 - (åy)2
      =    5 (5,1666.966,3 + (-10,6936) (8207,3) + 19,0485 (14968,32) – 966,3)
                                                   5 (202685,69) – (966,3) 2
      =    5 (4992,48 + (-87765,58) + 285124,04) – 933735,69
                                   1013428,45 – 933735,69
      =    5 (202350,94) - 933735,69
                           79692,76
         r2    =    0,978997464
r2    =    0,978

Dari perhitungan diatas dapat diketahui bahwa koefisien determinasinya adalah sebesar r2 = 0,978, yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel biaya distribusi dengan biaya promosi, sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor lain.


4.7.   Analisa Korelasi Berganda
               Analisa ini digunakan untuk menentukan besaran yang menyatakan seberapa besar hubungan suatu variabel dengan variabel lain. Dimana nilai dari koefisien korelasinya berkisar antara –1 sampai +1. Hubungannya dengan data diatas diketahui bahwa koefisien determinasinya r2 = 0,978
               Dari hasil tersebut maka dapat diketahui berapa besar nilai koefisien korelasinya dengan menggunakan rumus:
r  =  Ö r2

                maka,  r = 0.988
              
               Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa koefisien korelasinya r= >0, artinya bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara biaya distribusi dengan biaya promosi. Dalam arti lain bahwa semakin besar biaya distribusi maka, semakin besar pula biaya promosi yang akan dikeluarkan. Atau sebaliknya semakin kecil biaya distribusi yang dikeluarkan maka, semakin kecil pula biaya promosi yang akan dikeluarkan oleh perusahaan.

BAB IV
PENUTUP


5.1 Kesimpulan
             Dengan melihat dari pembahasan diatas makan dapat disimpulkan bahwa investasi pada salon “Salon Dion” ini dapat diterima dengan melihat dari aspek-aspek studi kelayakan yaitu (1) Aspek Pasar dan Pemasaran yang didalamnya membahas tentang pasar potensial, harga, pesaing, dan promosi. (2) Aspek Teknis dan Teknologi yang didalamnya membahas proses produksi, lokasi usaha Salon Dion, dan pembuangan limbah. (3) Aspek Ekonomi dan Sosial. (4) Aspek Manajemen. (5) Aspek keuangan Dengan menggunakan perhitungan dari metode regresi linier berganda diketahui bahwa koefisien determinasinya r2 = 0,978 serta koefisien korelasinya sebesar r =  0,988 yang berarti bahwa biaya distribusi dan promosi mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan hasil penjualan.
5.2 Saran
            Dalam hal ini untuk dapat lebih meningkatkan volume pemasaran, maka perusahaan dapat melakukan hal-hal berikut:
·         Meningkatkan promosi atau dengan mempromosikan layanan jasanya dengan lebih efektif lagi.
·         Memberikan pelayanan yang lebih baik sehingga konsumen merasa lebih puas lagi.
  • Salon Dion ini diharapkan agar dapat meningkatkan biaya saluran distribusi dan biaya promosi untuk dapat mendatangkan


NAMA                  : RIZQIYA FIRDAUSY AESQY
NPM/KELAS       : 16210205/3EA10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar